Kamis, 10 Maret 2011

Waspadai Sayuran Beracun di New Delhi!

Ilustrasi
Pemerintah India kini berhadapan dengan persoalan baru. Sebuah laporan berita, sebagaimana warta Trust of India pada Kamis (10/3/2011), menunjukkan kalau ada penggunaan pestisida berbahaya pada sayuran dan buah-buahan di negeri itu. Sebuah riset terbaru mengungkap penggunaan pestisida di India mencapai 750 kali lebih banyak dari standar yang diperbolehkan Eropa.
Berangkat dari situ, pengadilan di New Delhi memerintahkan pemerintah untuk melakukan uji zat racun terhadap sayuran. Pemerintah diminta untuk melakukan pemeriksaan secara acak mulai dari pasar besar hingga penjual di pinggir jalan.  Pemerintah diberi waktu lima minggu untuk melakukan uji coba ini.
"Kami ingin mendapatkan informasi apakah sayuran yang mengandung pestisida itu dijual di Delhi atau tidak," kata Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tinggi New Delhi, Dipak Misra.
"Sangat baik jika sayuran diuji secara acak dan selanjutnya dikirim untuk mendapatkan sertifikat dari laboratorium," imbuhnya.
Berdasarkan kajian mengenai penggunaan pestisida terlarang oleh lembaga konsumen Consumer Voice, ditemukan empat dari lima pestisida terlarang digunakan pada sayur dan buah-buahan yang dijual di New Delhi. Dalam laporan ini juga disebutkan kalau pestisida ini menyebabkan sakit kepala dan memengaruhi kesuburan dan juga merusak ginjal dan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar