Rabu, 09 Maret 2011

Indonesia Kini Punya Toko Buku Digital

Peresmian Ebook

Toko buku digital yang dapat diakses lewat komputer tablet diluncurkan hari ini. Tak lama lagi, toko buku ini dapat juga diakses dari ponsel pintar.

Toko buku ini diharapkan bisa menambah minat baca masyarakat Indonesia. Salah satu caranya adalah menawarkan buku-buku digital dengan harga yang lebih murah daripada buku cetakan. Pengakses bisa membeli, menyewa, dan berlangganan. "Tapi dalam 1 sampai 2 bulan pertama masih gratis", kata Damayanti Ariandini, Partnership Manager Huawei Indonesia.

Toko buku online yang dicetus oleh operator ponsel XL ini sekarang berisi buku, majalah, serta koran terbitan 6 penerbit. Saat ini, seperti dikatakan Damayanti pada saat temu pers, ada sekitar 800 judul, termasuk 2 koran harian dan 22 majalah. "Kami pasti tambah jumlahnya," kata Damayanti. Penerbit yang sudah bergabung adalah Kompas Gramedia, Mizan Digital Publishing, MRA Printed Media, Tempo, The Jakarta Post, dan Tiga Serangkai.

Program bernama XL Baca saat ini masih tersedia ekslusif pada perangkat Huawei Tablet S7. Pada April nanti, ponsel pintar bersistem operasi Symbian dan Android juga bisa dipakai untuk mengakses.

Tablet dan ponsel pintar makin lama makin murah. 2011 adalah tahunnya tablet PC sejak tahun lalu Apple meluncurkan iPad, jelas Agung dari XL menjelaskan alasan pemilihan perangkat komputer tablet sebagai awal pekuncuran toko buku digital ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar