Kamis, 10 Maret 2011

Discovery Mendarat di Bumi, Selamanya...

Space Shuttle
 Pesawat ulang alik luar angkasa Discovery akhirnya sukses kembali ke bumi. Pukul 11.57 EST atau 23.57 WIB Rabu malam (9/3/2011), pesawat tersebut berhasil mendarat di Kennedy Space Center, Florida.
Saat Discovery mendarat, Kennedy Space Center dipenuhi oleh para pekerja yang terlibat proyek ini, jurnalis dan bahkan anak sekolah yang ingin menyaksikan peristiwa bersejarah ini.
Bersama Discovery, mendarat pula enam astronot yang dipimpin Steve Lindsey. Turut mendarat pula 2 spacewalker yang terlibat dalam misi terakhir Discovery, Steve Bowen dan Al Drew. "Untuk terakhir kalinya, ini berhenti," kata Lindsey begitu Discovery mendarat dan berhenti.
Discovery berhasil menuntaskan misi terakhirnya dengan sukses. Dengan demikian, Discovery berhasil memecahkan rekor dengan 39 misi penerbangan luar angkasa, 148 juta mil perjalanan, 5830 kali mengorbit bumi dan 365 atau persis setahun menjalani waktu di luar angkasa.
Setelah misi terakhir ini, Discovery akan disimpan di Smithsonian Institution. NASA mengatakan, butuh waktu 3 bulan untuk mengambil 3 mesin utama dan membuang materi berbahaya sebelum pesawat siap dimuseumkan. Jarak 750 mil mesti ditempuh Discovery dengat jumbo jet sebelum sampai ke museum.
Di misi terakhirnya, Discovery berhasil menuntaskan misi diantaranya mengirimkan kompartemen baru untuk International Space Station (ISS), dan memasang kabel ekstensi.
Dua pesawat luar angkasa NASA lainnya, Endeavour dan Atlantis bersiap menuju luar angkasa setelah Discovery mendarat. Nantinya keduanya juga akan dipensiunkan. Dalam jangka waktu hingga 2025 dan 2030, NASA selanjutnya akan mengembangkan misi ke asteroid dan Mars.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar